Selasa, 04 Juli 2017

Hama Ulat pada Azolla (081804360192)

Hama Azolla pada saat musim kemarau. Hal ini ditandai dengan banyaknya azolla yang menjadi tempat bertelur kupu-kupu kecil berwarna putih, daun azolla terlihat melipat dan di dalam nya terdapat serabut halus warna putih, jika dibuka maka akan didapati seekor ulat yang sedang bermetamorfosis. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi perkembangan azolla, karena azolla akan mengecil dan mati.
Langkah solusi nya sebagai berikut:
1. Untuk pencegahan, gunakan cairan sabun cuci piring (sunlight/mama lemon) dicampur air dengan  dosis 10 tetes untuk 1,5 liter air lalu di semprotkan ke seluruh permukaan azolla pada kolam. Lakukan seminggu 2x selama musim kemarau.
2. Jika sudah terkena/ada tanda2 hama tersebut, gunakan sapu lidi dan "gebuk-gebukin" azolla pakai sapu lidi tsb. Tujuannya supaya azolla terpecah dan dan sarang ulat tersebut hancur lalu ulat nya keluar kemudian semprot pakai cairan sabun cuci piring seperti diatas. Lakukan 2 hari sekali sampai azolla berkembang normal.
3. Jika sudah terlalu parah, gunakan obat insektisida dengan dosis seperempat sendok teh dicampur dengan air 1,5 liter. Kemudian lakukan seperti pada langkah nomor 2.
4. Jika mengalami masih terdapat kendala, silahkan hubungi kami di WA 081804360192

Tidak ada komentar:

Posting Komentar